Tempat Wisata di Banyuwangi yang Penuh Mitos

Tempat Wisata di Banyuwangi yang Penuh Mitos

Tempat Wisata di Banyuwangi yang Penuh Mitos

Kota di ujung timur Provinsi Jawa Timur ini merupakan ‘jembatan’ penghubung antara Pulau Jawa dan Pulau Bali. Dan karena kedekatan lokasi dengan Pulau Dewata, jangan heran kalau beberapa tradisi dan kesenian di Banyuwangi juga memiliki sedikit kemiripan dengan di Bali.

Tak hanya tradisinya, keindahan alam Banyuwangi pun layak disandingkan dengan Bali. Bahkan, awal tahun 2016 lalu Organisasi Pariwisata Dunia Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNWTO) menganugerahi Banyuwangi penghargaan UNWTO Awards for Excellence and Innovation in Tourism.
Setidaknya ada tiga buah destinasi wisata di Banyuwangi yang namanya sudah mendunia. Makanya, sayang sekali kalau Anda yang orang Indonesia saja belum pernah berkunjung ke tempat yang dijuluki The Sunrise of Java ini.

Banyuwangi memiliki segudang tempat wisata yang keren dan indah. Kabupaten yang berada di ujung timur pulau Jawa ini memiliki luas yang besar sehingga Banyuwangi memiliki banyak tempat yang patut anda kunjungi jika melakukan wisata di Banyuwangi yang dikenal dengan sebutan kota gandrung ini. Karena luasnya ini anda memerlukan waktu yang banyak untuk bisa menelusuri setiap sudut kota ini.

Banyuwangi punya banyak destinasi wisata yang sangat indah. Potensi wisatanya sangat tinggi. Tak heran kalau Banyuwangi jadi salah satu destinasi favorit di Jawa Timur.  Gak cuma wisatawan lokal, keindahan Banyuwangi juga disorot mancanegara Karena eksotisnya bahkan kisah mistik di dalamnya yang penuh mitos yang tidak akan habis dimakan jamam tentang Identitas banyuwangi di pelosok indonesia.

Berikut ini beberapa wisata Paling epik dibanyuwangi yang penuh nuansa alam dan mitos di dalamnya.


Kawah Ijen

Terletak di perbatasan antara Banyuwangi dan Bondowoso, gunung ini sangat menawarkan keindahan yang sangat mengagumkan. selain keindahan kawahnya, Ijen juga terdapat blue fire atau api biru yang hanya ada dua di dunia. Penambang yang sedang mengambil dan mengangkut belerang membuat pemandangan semakin menarik.Untuk bisa melihat keindahan blue fire, wisaatawan harus menunggu hingga dini hari. Biasanya wisatawan memulai perjalanan dari pos paltuding pukul 1 dini hari karena pada jam itu baru boleh di ijinkan melakukan pendakian. Penampakan blue fire akan terlihat sampai jam 5 an. Setelah itu blue fire tidak akan terlihat lagi karena kalah dengan cahaya matahari. Kawah Ijen menjadi salah satu wisata banyuwangi yang selalu ramai dikunjungi wisatawan dari indonesia maupun mancanegara.

Pulau merah

Pantai pulau merah adalah salah satu primadona Banyuwangi yang terletak di Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran. Yang membuat beda dari pantai ini adalah adanya sebuah pulau yang terletak di bibir pantai. Keberadaan pulau ini membuat pantai ini semakin eksotis dan menjadi asal mula nama Pulau Merah.

selain pemandangannya yang bagus, gulungan ombaknya yang lumayan besar juga menjadi daya tarik lainnya, tak heran jika banyak surfer pemula atau menengah berselancar di pantai ini yang menjadikan pantai ini menjadi wisata Banyuwangi yang sealalu ramai dikunjungi.

Karena itulah, pantai ini dijadikan tempat untuk menyelenggarakan event tahunan Internasional Surfing competition yang diikuti oleh 20 surfer dari berbagai Negara.Satu lagi yang tidak kalah mencuri perhatian mata yang sayang sekali untuk dilewatkan, yaitu pemandangan saat matahari terbenam atau sunset. Warna orange dengan kebiruan yang sangat cantik terbenam diantara bukit akan memanjakan mata kita yang akan selalu teringat akan keindahan wisata Banyuwangi tersebut.

Teluk Hijau

antai teluk hijau atau nama kerennya green bay merupakan destinasi faforit di Banyuwangi. Keindahan alamnya sudah tidak diragukan lagi, hutannya yang masih asri dan pantainya yang masih bersih membuat suasana menyegarkan. Tak heran jika masih ada hewan hewan yang berkeliaran di sekitar pantai meskipun banyak pengunjung yang berkunjung di teluk hijau. Salah satunya adalah monyet, pengunjung diharapkan berhati hati dengan hewan yang satu ini karena hewan ini bisa mencuri barang barang anda.

Selain pantai disini juga terdapat air terjun yang langsung mengarah ke pantai. Konon katanya air terjun ini pernah disinggahi bidadari untuk mandi. Hal itu juga dimanfaatkan pengunjung menggunakan air terjun ini untuk membilas tubuh mereka setelah berenang di pantai. Pantai Teluk Hijau ini menjadi salah satu wisata Banyuwangi yang selalu ramai dikunjungi wistawan dari indonesia maupun mancanegara.

Pantai Boom

Letaknya yang berada di pusat kota Banyuwangi membuat pantai Boom menjadi salah satu destinasi wisata Banyuwangi yang mudah untuk dikunjungi. Anda bisa menggunakan sepeda atau berjalan kesana jika posisi anda berada di alun-alun Blambangan. Pantai Boom merupakan tempat wisata di Banyuwangi yang paling hits karena sering diadakannya festival di sini.

Pantainya yang berpasir hitam yang bersih tidak kalah dengan pantai yang berpasir putih, ditambah dengan latarbelakang pulau Bali yang bagus ini. selain bisa menikmati keindahan pantai pengunjung juga bisa mencoba fasilitas – fasilitas yang tersedia di pantai Boom seperti payung teduh dan berkuda.

Selain sebagai destinasi wisata andalan Banyuwangi, pantai boom juga sering dijadikan tempat penyelenggaraan event besar seperti tarian kolosal gandrung yang ditarikan oleh 1000 lebih penari gandrung yang bertajuk Sewu Gandrung dan Banyuwangi Beach Jazz Festival adalah event JAZZ pantai pertama dan satu–satunya di Indonesia yang diadakan di Pantai Boom Banyuwangi.

Advertisement

Baca juga: