5 makanan yang dapat meningkatkan mood dan kesehatan mental Anda

5 makanan yang dapat meningkatkan mood dan kesehatan mental Anda

5 Konsusmi yang dapat meningkatkan Nafsu makan

Mengkonusmi makan menjadi prioritas manusia atau mahluk hidup untuk proses kelanjutan hidup atau menjalani aktifitas untuk bertahan hidup. Dampak pikiran stres atau tidak tenang menjadikan selera makan kita berkurang atau hilang mood makan.

Hilangnya mood saat makan bisa disebabkan kekurangan vitamin B1 atau karena ada kendala stres berat di aktifitas anda 24jam ini. Sebaiknya kenali gejalanya dan konsultasikan dengan dokter pribadi anda.

5 Konsusmi yang dapat meningkatkan Nafsu makan


Cokelat

Menurut penelitian dari Universitas California, Sandiego, orang yang stres, mulai dari tingkat stres ringan hingga tingkat depresi, mereka mengaku makan cokelat saat suasana hati mereka galau atau bad mood.
Mengapa demikian? Ternyata, cokelat juga mengandung molekul psikoaktif yang tentunya membuat pengkonsumsi cokelat merasa nyaman. Beberapa kandungan cokelat seperti caffeine, theobromine, methyl-xanthine dan phenylethylalanine dipercaya dapat memperbaiki mood, mengurangi kelelahan sehingga bisa digunakan sebagai obat anti-depresi.

Teh Hijau

Teh hijau sama seperti dengan jenis teh lainnya, berasal dari tanaman Camellia sinensis yang kemudian diproses khusus agar daun teh tidak teroksidadi. Teh yang di Jepang dikenal dengan sebutan ryokucha dihasilkan dari proses pemanasan agar kandungan di dalam teh hijau tetap terjaga. Teh hijau memiliki berbagai kandungan di dalamnya, yang dipercaya memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Beberapa kandungan di dalam teh hijau diantaranya polifenol, fluoride, vitamin C, vitamin K, L-teanin, katekin, kafein, serta memiliki kandungan zat antioksidan di dalamnya. Teh hijau juga memiliki kandungan mineral seperti kalium, kalsium, natrium, flour, seng dan juga mangan. Beberapa kandungan yang terdapat dalam teh hijau tersebut, tentunya memiliki manfaatnya masing-masing untuk membantu menjaga kesehatan tubuh dan juga untuk mengatasi masalah kesehatan yang dialami oleh beberapa orang.

Blubery

Banyak sekali manfaat dari buah blubery selain mengandung flavonoids sebagai zat antioksidan untuk meningkatkan modd, Ternyata masih banyak manfaat dari buah ini yang belum banyak diketahui orang misalnya 

  • Meningkatkan daya tahan tubuh. Menurut sebuah studi, blueberry ternyata mengandung antioksidan yang lebih banyak dibanding sayur dan buah lainnya. Antioksidan ini baik untuk daya tahan tubuh, dengan cara menetralkan radikal bebas akibat racun ataupun rokok. Manfaat antioksidan ini dihasilkan dari pigmen penghasil warna biru pada blueberry. 
  • Jantung sehat. Blueberry mengandung bahan yang baik untuk kesehatan jantung. Dengan konsumsi lima sampai enam buah setiap minggu, akan membantu menurunkan risiko terjangkit serangan jantung.
  • Menurunkan gula darah. Buah blueberry merupakan buah dengan indeks glycemic rendah, yang baik untuk regulasi gula darah, terutama bagi mereka penderita diabetes. Konsumsi lima buah ini setiap hari, dan Anda akan merasakan manfaat positifnya pada tubuh. 
  • Mencegah kanker. Dengan rajin mengonsumsi setengah cangkir jus blueberry setiap hari, kandungan anthocyanin-nya dapat mencegah penyakit kanker. 
  • Menghilangan lemak di perut. Dengan bahan polyphenol yang ditemukan di dalamnya, blueberry berkhasiat menurunkan lemak berlebih sekitar perut dan mengurangi masalah pada metabolisme tubuh. Karena kandungan kalorinya yang rendah, buah ini baik untuk dikonsumsi bagi Anda yang tengah menjalani program diet. 


Sayuran Hijau

Kandungan zat gizi alami dalam sayuran hijau sangat banyak. Selain kaya dengan vitamin A dan C, sayuran hijau juga mengandung berbagai unsur mineral seperti zat kapur, zat besi, magnesium dan fosfor dan dapat mengurangi tingakatan stres pada otak anda.

Kandungan serat dalam sayuran hijau membantu tubuh mempertahankan dan mengontrol tekanan darah dan kolesterol.

Yogurt

Yoghurt atau yogurt, adalah susu yang dibuat melalui fermentasi bakteri. Yoghurt dapat dibuat dari susu apa saja, termasuk sari kacang kedelai. ... Fermentasi gula susu (laktosa) menghasilkan asam laktat yang berperan dalam protein susu untuk menghasilkan tekstur seperti gel dan aroma unik pada yoghurt.

Manfaat yoghurt lainnya

  1. Menurunkan tekanan darah
  2. Sebagai sumber protein yang baik
  3. Mengantikan energi setelah beraktifitas
  4. Membantu sistem pencernaan lebih lancar
  5. Menjaga kesehatan tubuh dan tulang
  6. Memperkuat sistem Imun
  7. Membantu menurunkan berat badan
Advertisement

Baca juga: